Kamis, 25 Maret 2010

RUTINITAS SMANSA

Sekolah sebagai tempat menuntut ilmu. Disinilah tempatnya belajar dan berinteraksi dengan orang lain. Mendapatkan pendidikan demi terciptanya kemampuan dan keahlian.

SMAN 1 Mataram hanya sebagian kecil dari berjuta-juta sekolah yang ada di negeri ini. Namun, disinilah terdapat harapan beribu-ribu orang tua pada anaknya sebagai generasi bangsa. Di sekolah kita tidak hanya mendapatkan pelajaran ilmu pengetahuan. Tapi banyak pendidikan moral yang kita peroleh melalui interaksi di lingkungan sekolah. Berbagai interaksi ini tercipta oleh berbagai aktivitas dan rutinitas sehari-hari sebagai murid SMANSA. Apa saja rutinitas tersebut? Ini dia beberapa rutinitas yang dapat saya sampaikan.
1. Upacara Sekolah setiap hari Senin dan hari besar lainnya.
Setiap siswa wajib mengikuti upacara tanpa terkecuali. Dalam upacara kita dapat berlatih untuk disiplin. Upacara juga menunjukkan rasa cinta kita terhadap bangsa ini. Termasuk dengan pengibaran dan lantunan lagu wajib Indonesia Raya. Upacara dipersiapkan oleh para PASKIBRA SMANSA tentunya. Tapi upacara tidak hanya dilakukan sekali seminggu. Karena total upacara dalam seminggu mencapai 12 kali (penarikan dan penurunan bendera). Namun, 11 kali upacara tersebut tidak wajib untuk seluruh siswa. Upacara ini dilakukan oleh anggota PASKIBRA saja.
2. IMTAQ
IMTAQ dilakukan oleh semua agama. IMTAQ Islam dilakukan di Aula. Sedangkan IMTAQ Hindu dihalaman belakang dan sisanya dilakukan di kelas atau di tempat peribadatan seperti Pura, Gereja, dsb. IMTAQ tak kalah pentingnya diadakan. Disinilah diperkuat keimanan dan ketakwaan para siswa. IMTAQ setiap minggunya diadakan pada hari Jumat. Namun ada juga IMTAQ keseharian yang diadakan pada hari-hari tertentu.
3.SHALAT DZUHUR berjamaah.
Mengingat proses belajar yang berlangsung sampai jam 14.00. Maka shalat dzuhur terutama bagi umat Islam perlu dilaksanakan. Mushala Al-Muhsinin adalah tempat bagi para siswa-siswi untuk melaksanakan kewajibannya sebelum melanjutkan pelajaran.
4. PIket kelas
Kelas yang bersih menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan. Tiap kelas haruslah menjaga kebersihan kelas masing-masing. Sebelumnya setiap kelas diberi otonomi untuk mengatur pembagian tugas. Jadi setiap hari keadaan kelas akan dijaga oleh masing-masing siswa.
5.Pendidikan Olahraga
Mensana in Corpore Sano. Didalam jiwa yang sehat terhadapat tubuh yang kuat. Olahraga banyak digemari siswa. Sekali seminggu para siswa diberi kesempatan untuk menggerakkan seluruh anggota tubuhnya. Mulai dari senam, atletik, sampai permainan seperti basket, sepak bola, dsb. Tapi jangan salah karena sudah diberikan waktu untuk berolahraga para siswa tidak diizinkan berolahraga tanpa menggunakan seragam olahraga dan pada hari yang ditentukan.
6.Istirahat
Rutinitas yang terakhir ini sebenarnya agak berlebihan jika disampaikan. Namun, rutinitas ini sangat penting. Tanpa rutinitas yang satu ini bisa saja proses belajar akan terganggu. Karena perut kosong dan kelelahan dapat mempengaruhi pikiran. Untuk itu setiap harinya kecuali hari Jumat, disediakan waktu 2 kali untuk istirahat termasuk makan. Dengan senang hati KOPSIS dan kantin akan siap melayani.
7. Kegiatan Ekstrakulikuler
SMANSA memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler. Mulai dari olahraga, seni, sampai ekskul olimpiade. Setiap ekskul memiliki jam kegiatannya masing-masing.vy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar