Senin, 11 Januari 2010

Sekilas Tentang Ekstrakurikuler I

Selain kegiatan intra sekolah, SMANSA juga memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler yang mengasyikkan dan menambah wawasan serta pengalaman.
Melalui kegiatan ekskul ini para siswa-siswi dapat mendongkrak minat dan bakat. Tidak sedikit yang dapat mengukir prestasi dengan mengikuti ekstrakulikuler.

SMANSA memiliki beragam ekskul, mulai daribidang kesehatan, kesenian, olah raga, bela diri, keagamaan, sampai dengan olimpiade sains. Dengan begitu Siswa-siswi dapat menyalurkan bakat dan minat mereka masing-masing. Berikut akan diulas mengenai kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler di SMAN 1 Mataram.

Remaja Mushola (Remush)
Tujuan utama ekskul ini adalah menamkan jiwa dakwah ilahiyah pada kebenarran secara berulang-ulang sampai akhir hayat, menanamkan tujuan hidup Rasulullah SAQ yaitu selalu berpikir untuk umat, bertindak untuk umat, hidup untuk umat, dan demi kemajuan umat.
Perlu diingat jiwa manusia tersusun atas 3 unsur yang perlu diberi makan secara teratur. Pertama jiwa yang makanannya adalah ilmu agama, kedua Jasad, yang makanannya adalah olahraga dan ketiga Akal, yang makanannya adalah ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Ekskul ini merupakan tempat yang cocok bagi siswa-siswi yang ingin memperdalam ilmu agama ISLAM dan memperluas wawasan Islam sekaligus menumbuhkan kepekaan terhadap IPTEK.
Jangan pernah berfikir anak-anak Remush pada Kolot lho!!! Buktinya banyak anggota-anggota penerus Remaja Mushola yang dapat berbuat lebih, baik di tingkat intra sekolah maupun antar sekolah. Dan jangan dipikir juga kalau kegiatannya tentang agama melulu, Remush kerap kali mengadakan kegiatan Hiking (Outbound Training), pemutaran VCD Dakwah, dan banyak lagi.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)

Paskibra adalah ekskul yang identik dengan kesidiplinan. Semangat persaudaraan dan jiwa KORSA sangat ditanamkan pada masing-masing anggotanya. Bagi siswa yang bercita-cita menjadi PASKIBRAKA baik tingkat Kotamadya, Propinsi, maupun Nasional, ekskul PASKIBRA merupakan ekskul yang mampu mewujudkan cita-cita tersebut.

Paskibra melatih anggotanya agar siap baik fisik maupun mental untuk menjadi seorang PASKIBRAKA. PASKIBRA sekolah sangat membantu sekolah terutama dalam kelangsungan upacara dan pengibaran bendera Merah Putih setiap hari. PASKIBRA juga dibekali kemampuan PBB (Peraturan Baris-Berbaris) yang sangat berguna dan akan mendapatkan prioritas apabila hendak melanjutkan pendidikan ke Akademi Militer, AKPOL, dan Lembaga Pendidikan lainnya.

Berbagai pengalaman seru ditawarkan di sini, bukan hanya ingin melanjutkan ke Akademi Militer tetapi bagi semua yang berjiwa muda. PASKIBRKA sekolah setiap minggunya melakukan Latihan Satuan(Latsat), Latihan Gabungan(Latgab) dan pada akhir masa basisnya akan ditempa PUSDIKLATSAR(Pusat Pendidikan Latihan Dasar).

“disini Tidak Ada Tetesan Darah dan Air Mata yang Sia-sia”

Pecinta Alam SMANSA (PALASMA)
Palasma merupakan suatu wadah dari siswa SMANSA yang ingin mengenal, menaklukan dan mengakrabkan diri dengan alam. Kegiatan yang sering dilakukan antara lain hiking, kemah, rock climbing, mounteneering, packing, kepemimpinan, photografi, survival, navigasi darat, Sosped, SAR, caving, serta yang paling baru adalah kelautan.

Teater
Ingin jadi aktor, aktris, atau sutradara silahkan bergabung di ekskul TEATER SMANSA. Ekskul ini selain meningkatkan rasa percaya diri, juga mengajarkan bagaimana mengenal diri sendiri dan mengenal bahasa alam maupun lingkungan yang mampu menumbuhkan jiwa seni kalian dan mencurahkannya dalam wujud berakting, berpuisi, menari dan kesenian lainnya. Ekskul ini juga serring mengadakan Pementasan di Taman Budaya.

Merpati Putih (MP)
Bagi siswa-siswi yang tertarik menekuni ilmu bela diri dengan tangan kosong, gabung di ekskul MP karena ini merupakan sarana yang tepat buat kamu. Selain bela diri, di MP juga diajarkan ilmu pernapasan yang tentunya sangat banyak kegunaan dan manfaatnya, mematahkan beton cor, basi bahkan untuk pengobatan. Banyak yang telah membuktikannya. Dan yang terpenting tanpa bantuan dari jin atau sejenisnya.

Palang Merah Remaja (PMR)
PMR adalah wadah bagi siswa yang tertarik di bidang ke-Palang Merahan. Mater yang diberikan disini adalah mengenai P3K, dapur umum pengungsian, dan lailain. Kegiatan yang dilakukan antara lain donor darah, pengumpulan dana PMI dan membantu korban bencana alam.

Koperasi Siswa (Kopsis)
Kopsis merupakan sarana pengembangan jiwa wirausaha di kalangan siswa. Kegiatan KOPSIS ini berguna sebagai tempat berlatih pembukuan dan praktek kegiatan dan perkoperasian lainnya secara langsung. Selain itu, kopsis juga menyediakan alat-alat dan bahan kebutuhan siswa.

Volly
Buat siswa-siswii yang mempunyai hobi dan bakat dalam bidang Volley, langsung aja gabung bareng anak-anak Volley. Dijamin kalian-kalian tidak bakalan menyesal.

Basket
Basket merupakan salah satu ekskul yang paling populer di SMA 1 Mataram dan memiliki banyak peminatnya. Ekskul ini juga telah membawa nama Smansa di berbagai turnamen. Ekskul ini banyak sekali manfaatnya. Di antaranya dapat mengembangkan bakat kalian juga bisa menambah teman. Ekskul ini tidak hanya untuk yang sudah jago main basket, tapi juga untuk kalian yang ingin bisa main basket, baik putra maupun putri. Datang aja setiap hari Sabtu, Minggu dan bergabunglah bersama kami.

Sepak Bola
Nama Sepak Bola pasti udah sering kalian dengar, nah ekskul Sepak Bola di Smansa juga banyak peminatnya. Ekskul ini dibina oleh Bapak Wakasek Kesiswaan kita “Pak Sutardi”. Ekskul Sepak Bola ini udah banyak bawa nama Smansa di berbagai kejuaraan.
Di Smansa setiap tahun Ajaran baru selalu diadakan LIGA Smansa yang diikuti oleh kelas X, XI, dan kelas XII. Khususnya bagi kelas X sebagai ajang perkenalan ekskul sepak bola dan sebagai media untuk regenerasi pemain PS Smansa. Selain itu, kita sering mengadakan berbagai kegiatan “sparing” atau latih tanding dengan sekolah-sekolah lain ataupun tim-tim sepakbola lain untuk menjalin persahabatan di antara sesama pelajar dan pemain sebagai media uji pengalaman dan tolak ukur kemampuan PS Smansa.
Setiap tahun Ekskul Sepak Bol ini juga mengadakan berbagai Event-Event Kejuaraan Sepak Bola antar pelajar seperti LIGA SE-KOTA MATARAM atau LIGA SE-PULAU LOMBOK. Buat kalian yang bisa main bola dan ingin jadi anggota PS Smansa buruan gabung sama kita-kita anak ekskul sepak bola. Datang aja setiap hari Rabu, dan Sabtu sore di lapangan Gebang jam 16:00 WITA.

1 komentar:

  1. hii friend.. visit you to days,and comment ...

    hope you visit me back and comment to me :)

    BalasHapus