Jumat, 15 Januari 2010

SJC (Smansa Japanese Club)


Di Smansa tersedia begitu banyak club yang dapat menunjang perkembangan bakat siswa Smansa itu sendiri. Salah satu club yang tersedia antara lain Smansa Japanese Club atau yang lebih dikenal dengan nama SJC. Club ini tergolong masih hijau atau masih baru karena umurnya yang belum mencapai satu tahun. Namun, hal ini bukan berarti SJC masih anak bawang. Tahun 2009 lalu, club ini dapat mengadakan suatu lomba dalam rangka memeriahkan ulang tahunSmansa yang ke 52 yaitu lomba menggambar manga (sebutan untuk gambar komik Jepang) dan lomba Harajuku Style ala Jepang. Acungan jempol pun diberikan oleh para guru terhadap club ini.

SJC biasa berkumpul pada hari Rabu sekitar pukul 16.00 WITA di Smansa. Berbagai macam kegiatan mengenai Negara Jepang dipelajari. Mulai dari mempelajari bahasanya, kebudayaan, tradisi, serta menggambar manga. Bahasa Jepang mempelajari tiga jenis huruf dan tata bahasa; budaya dan tradisi Jepang mempelajari sadô (upacara minum teh), memakai yukata, shodô (menulis kaligrafi Jepang), dll, walaupun masih secara teori; menggambar manga dipelajari dari raut wajah, bentuk badan, dan hal-hal lain yang dapat menunjukkan perbedaan dari satu karakter dengan karakter lain.
Harapan yang ingin dicapai dari club ini ada sangat banyak, namun hal utamanya yaitu melancarkan penggunaan bahasa Jepang. Jika hal ini dapat dilakukan, beberapa dari yang berhasil akan diikutsertakan dalam kompetisi pertukaran pelajar ke Jepang se-Indonesia. Harapan lainnya yaitu dapat mengadakan lomba persahabatan mengenai bahasa Jepang dengan sekolah lain.
Bagi yang berminat mengikuti club ini, langsung aja daftar. Dijamin seru and asyik deh… Tentu aja ilmu yang dipelajari ga’ bakal terbuang percuma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar