Jumat, 15 Januari 2010

Apa itu E-WASTE ?

Mungkin diantara kalian ada yang baru denger atau udah denger sebelumnya tentang e-waste.Nah e-waste ini berhubungan banget dengan sampah.Mungkin kita kenal sampah organik dan non-organik,tapi bagaimana dengan sampah elektronik?.Itu dia yang namanya e-waste singkatan dari Electronical Waste.E-waste adalah sampah yang terbuat dari barang elektronik yang berupa benda utuh atau komponennya.
Kalian pernah kepikiran nggak gimana bahayanya kalo kita itu gonta ganti hp tapi tidak tahu apa akibatnya.Orang yang cenderung konsumtif,pasti bakalan mengikuti mode dan tekhnologi gadget yang makin canggih saja.Contohnya ni gadget BlackBerry atau kerennya BB,makin banyak digandrungi kalangan remaja.Tapi mereka tidak pernah tahu betapa meruginyamereka dengan mengganti gadget mereka dengan yang terbaru,istilahnya tiap kali ada gadget baru pasti langsung ada hasrat buat beli.mau diapakan coba sampah-sampah elektronik sebelumnya?.
Menurut badan lingkungan PBB,United Nations Environment Programme ( UNEP ) ,menumpuknya e-waste disebabkan trknologi yang makin pesat. Sehingga orang cenderung cepat mengganti gadget lama dengan yang baru tanpa pikir panjang.
Siapa Penyumbang e-waste terbesar ?
Hingga saat ini,Amerika masih menduduki peringkat atas sebagai penyumbang terbanyak sampah elektronik.kok bisa ya??jelas bisa lah,kalian tahu kan gimana gaya hidup orang Amerika pada umumnya?.konsumtif banget,hampir tiap bulan mereka ganti gadget lama dengan yang baru,tanpa mikirin mau diapakan itu gadget lama.maka dari itu,mereka bisa menghasilkan 5-7 juta ton e-waste.dan yang bikin geregetan,sampah itu tu Cuma 20% yang mereka recycle sisanya dikirim ke Negara-negara lain yang mampu me-recycle sampah itu.huh!
Bayangin itu artinya mereka yang menikmati tapi orang lain yang susah-susah buat mikirin gimana caranya sampah itu untuk lenyap.ckckck.
Apa ya bahayanya ?
Ternyata cara memusnahkannya pun nggak boleh sembarangan,karena akan berakibat fatal.setiap komponen elektronik itu kan mengandung zat logam berat yang berbahaya.jika ditimbun dalam tanah,zat logam itu akan mencemari tanah.terus jika dibakar,asap yang ditimbulkan akan menyebabkan polusi udara.sedangkan kalau dihancurkan,akan melepaskan mercury dan cadmium yang bahaya banget buat kesehatan.bahkan bisa menyebabkan penyakit kanker dan penyakit kulit pada manusia.serem khan!.
What must we do ??
Pertama harus pilih gadget yang fitur-nya bisa di-upgrade,jadi nggak perlu ganti gadget dengan borosnya.pilih gadget yang sesuai kebutuhan,jangan beli gadget yang cuma mau ikutin mode aja atau nggak mau kalah canggih dengan gadget teman.bener nggak tuh??.kalian juga bisa cek produsen gadget tersebut apakah mereka ada tempat penampungan E-waste.nah kalo emang nggak ada,kalian bisa kirim e-waste kalian tersebut ke lembaga yang melayani e-waste recycle.dengan begitu berarti kalian udah ikut nyumbang buat bumi agar nggak tercemar.
Atau ada cara lain juga ni.kalian bisa kembalikan sampah itu ke produsen gadget agar mereka yang membawa ke lembaga recycle.atau yang lebih gampang lagi,tukang besi atau tukang loak pun juga bisa me-recycle.keren khan!!.
Cintailah bumi kita dan selalu menjaga dan memikirkan setiap tindakan yang kita lakukan,agar bumi tetap utuh.

1 komentar:

  1. wah wah, akhirnya nemu juga pengertian E-waste, ngomong2 itu kata2nya kurang populer ya? temen saya tugas akhir LIA-nya membahas tentang e-waste, tapi proktornya takut pada enggak ngerti masalah kosakata baru ini. Sebenernya ini istilah lama apa baru ada sih??

    BalasHapus