Jumat, 15 Januari 2010

PERSAHABATAN

Persahabatan itu akan menjadi indah jika kita jalani dengan rasa kasih sayang tanpa pamrih sedikitpun. Sahabat, memiliki hal terpenting yaitu merupakan seseorang sebagai tempat curahan hati kita, bahkan selalu ada saat duka maupun suka. Hubungan persahabatan yang harmonis akan tercipta jika kita telah mampu meredam rasa keegoisan, iri dengki, maupun rasa benci terhadap sesuatu hal yang mungkin akan terjadi ketika kita memiliki persahabatan.
Hubungan itu erat kaitannya dengan perasaan seseorang yang menjalaninya. Jika ada salah seorang sahabat yang mengkritik kita, janganlah terlalu emosi dalam menanggapiya, melainkan kita harus berprinsip bahwa dengan masukan berupa kritikan itu, kita akan selalu berusaha agar mrnjadi diri yang lebih baik. Memilih-milih teman sangat menentukan sebuah hubungan persahabatan, karena jika kita salah dalam memilih seseorang untuk menjalani persahabatan, dampaknyapun berupa penyesalan yang bahkan tak bertepi. Memilih teman dalam konteks ini bukanlah didasari dengan harta ataupun kekayaan yang dimiliki seseorang tersebut, melainkan mengenai dampak positif yang ditimbulkan dalam pergaulan..

Hubungan persahabatan tidak hanya ketika kita merasakan bahagia dan saat-saat manis saja, namun, kitapun akan mengalami kepahitan dalam masa-masa itu. Ketika kita menatap sahabat yang menangis, tak seorang sahabatpun yang hanya terdiam membisu dan mengacuhkannya. Minimal ia dapat menjadi sandarannya, menjadi sapu tangan yang mengusap air matanya, dan memberinya kebahagiaan tiada tara.

Memang sulit untuk kita membina sebuah hubungan persahabatan dengan mulus tanpa ada masalah seumpama pertengkaran. Pertengkaran memang tak dapat dihindari ketika kita menjalin hubungan persahabatan, bahkan yang terburuk dari itu adalah penghianatan. Ketika pertengkaran memecah, hendaknya diusut tuntas segala penyebabnya dan menyelesaikannya dengan kepala dingin, bukannya mengambil kepususan untuk lari dari masalah dan menganggap hubungan persahabatan telah putus total. Kekuatan hatilah yang sangat dibutuhkan ketika kita menghadapi suatu hal yang tersulit ketika menjalani persahabatan.

Kiat-kiat mendapatkan hubungan persahabatan yang baik antara lain, minimal berkomunikasi antara satu pihak ke pihak lain tidak putus, memberi dukungan tertentu agar dapat menyemangatinya, bersabarlah menghadapi kelakuan sahabat yang terkadang menjengkelkan, mampu berbagi suka-duka dalam segala hal, ungkapkanlah hal apapun itu meskipun itu pahit karena bebohong itu 1000x lebih pahit, menjaga rahasia sahabat, mengerti sikap yang ia perbuat, dan salng melindungi satu sama lain. (tea_funny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar