Kamis, 14 Januari 2010

Sekilas Tentang Ekstrakurikuler II

Menyambung artikel sebelumnya, kali ini akan dibahas beberapa ekstrakulikuler di SMA N 1 Mataram yang tidak kalah seru dan menarik dibanding ekstrakulikuler sebelumnya.


Tenis Meja
Ekskul tenis meja termasuk salah satu ekskul yang baru ada di Smansa akhir-akhir ini.Di ekskul tenis meja ini siswa-siswi dapat mengembangkan bakat dan hoby di bidang tenis meja. Siswa-siswi dapat mengikuti berbagai kejuaraan Tenis Meja sangat sering diadakan. Untuk itu gabung aja dengan ekskul tenis meja yang latihan setiap hari Minggu di sekolah dan bawa nama Smansa di kejuaraan-kejuaraan tenis meja.

SMASA English Conversation SECC
Dalam ekskul ini akan diperoleh pengalaman dan keterampilan baru dalam berbahasa Inggris. Ekskul ini berguna untuk mengembangkan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Program-program SECC meliputi diskusi, bulletin board, speech ability, dan lain-lain. SECC tidak dikhususkan untuk siswa yang pintar berbagsa Inggris, tapi bagi seluruh siswa SMANSA yang ingin mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris.

Majalah Dinding MADING
Bagi siswa-siswi yang senang corat-coret tembok atau meja, senang membuat artikel, membuat puisi, menggambar karikatur, dan sejenisnya maka ekskul mading sangat cocok buat mengekspresikan keterampilan siswa-siswi tersebut. Walau sedikit informasi yang dapat disampaikan, tapi itu sangat bermanfaat buat warga sekolah.

Hidroponik
Hobi berkebun? Ini dia ekstrakulikuler yang cocok. Ekskul ini dibina oleh Ibu Dra. Haryani, guru biologi SMA Negeri 1 Mataram. Kegiatan utama dari ekskul ini adalah menanam dengan media bukan tanah. Yang mengasyikkan dari ekskul ini adalah prosesnya, bagaimana kita merawat tanaman, menjaganya, dan tentu saja memanen hasilnya.

Kelompok Ilmiah Remaja KIR
Ekskul ini sangat cocok bagi siswa-siswi yang gemar melakukan penelitian. Jangan malu atau takut kalau karyanya jelek dan tidak dihargai, justru ekskul ini memberi pemahaman pada kita untuk menyusun suatu karya tulis secara baik dan benar. Bahkan, walau usia relatif muda, ekskul ini sudah mampu menyumbangkan berbgai prestari gemilang yang mengharumkan nama sekolah kita, SMA Negeri 1 Mataram, baik di tingkat lokal maupun Nasional bahkan pernah mewakili Indonesia ditingkat Internasional.

Ekskul Seni Musik SMANSA EKSIS
Walaupun umurnya yang relatif muda, tapi ekskul yang diresmikan 27 April 2003 lalu tidak kalah peminatnya loh. Bagi siswa-siswi yang merasa punya bakat di bidang seni musik, khususnya nge-band ekskul ini sangat cocok buat kalian.

Olimpiade Sains
Ekskul ini ditujukan bagi siswa-siswi Smansa yang punya minat besar di bidang ilmu pengetahuan seperti Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, Ekonomi Akutansi, dan Astronomi. Disinilah keaktifan berkompetisi dibidang-bidang tersebut dan prestasi dikembangkan. Adapun beberapa yang dibina antara lain Biologi (IBO), Matematika (IMO), Fisika (IPhO), Kimia (IChO).
Ikatan Penggemar Teknologi dan Komputer (IPTEKOM)
Memiliki hobi dengan berbagai hal yang berbau komputer, cara memprogram komputer, mengoperasikan komputer dan lainnya? IPTEKOM adalah sarana yang tepat untuk menyalurkan hobi tersebut. Selain itu, siswa-siswi juga bisa menjadi salah satu anggota pengelola WEB SMANSA, seru kan!!!

Jurnalistik dan Fotografi Smansa (Jf Smansa)
Di ekskl ini diajarkan berbagai teknik menjadi fotografer profesional, menjadi pemburu berita yang handal dan banyak kegiatan menarik lainnya. Pada saat acara-acara penting baik di dalam maupun di luar sekolah diberikan pula ijin meliput berbagai kegiatan tersebut. Saat ini ekskul JF SMANSA juga tengah menerbitkan LENSA (Buletin Smansa) setiap bulannya untuk memberikan berita tentang Smansa buat seluruh warga sekolah. Dan tidak ketinggalan blog Jurnalistik Smansa, yang akan memberikan informasi seputar sekolah yang dapat diakses melalui internet.

Seni Tari
Dalam ekskul ini siswa-siswi dapat mengembangkan bakat dan hobinya di bidang tari mulai yang bersifat tradisional sampai modern dance.

Gendang Beleq
Ekskul gendang beleq merupakan wujud dari kecintaan terhadap budaya daerah yaitu bidang gendang beleq. Tingkatkan rasa cinta terhadap seni budaya lombok dengan bergabung di ekskul gendang beleq.

Pustakawan
Buku adalah gudang ilmu, di ekskul ini akan diajarkan bagaimana menjadi seorang pustakawan bukan hanya sekedar hobi membaca buku. Dengan bergabung, siswa-siswi dapat meminjam berbagai buku dengan kartu peminjaman khusus dari perpustakaan.

Pramuka
Wekskul ini yang paling sering mengadakan acara camping, hiking, lintas alam dan yang lainnya. Jadi merasa punya jiwa yang minat dengan tantangan, gabung aja di ekskul Pramuka.

Bagaimana??? Cukup untuk mengenal ekskul-ekskul yang ada di SMA N 1 Mataram? Tentu tidak, karena ini hanya sekilas mengenai ekstrakulikuler di Smansa. Untuk itu nantikan postingan berikutnya mengenai ekstrakulikuler di Smansa secara terperinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar