Selasa, 13 Juli 2010

Kenali dan Cintai

MOS (Masa Orientasi Siswa) merupakan kegiatan yang bertujuan mengenalkan siswa baru dengan sekolah barunya dalam hal ini SMAN 1 Mataram. Para siswa baru dikenalkan dengan lingkungan sekolah baik secara fisik maupun sosial. Jika sebelumnya siswa baru hanya mengetahui SMANSA secara umum, maka MOS inilah yang akan mengenalkan sekolah secara khusus dan mendetail mulai dari bangunan fisik sekolah, kebiasaan-kebiasaan, STMJ, visi-misi, sampai tata tertib yang berlaku.

Selain itu, MOS juga sarana untuk membangun keakraban dan kebersamaan antara sesama siswa baru dan seluruh warga sekolah. Keakraban tersebut terbentuk dari sikap STMJ (salam, terima kasih, maaf, jujur) yang merupakan ciri khas dari siswa SMAN 1 Mataram.

Ada banyak hal yang bisa diperkenalkan melalui MOS antara lain almamater SMANSA, lagu kenangan SMANSA, kedisiplinan dan peraturan yang wajib ditaati seluruh warga sekolah. Keseluruhannya dikemas dalam berbagai kegiatan menarik seperti yel-yel SMANSA EMON sebagai penyemangat. Untuk itu MOS bukanlah ajang kekerasan terhadap siswa baru, tapi lebih sebagai pendidikan mental yang dapat menghasilkan pribadi yang bermental kuat, penuh percaya diri, berani, berbudi pekerti dan dapat bertanggung jawab.
Selama 3 hari sejak tanggal 5 s/d 7 Juli 2010 siswa baru diharapkan dapat beradaptasi dan bersosialisasi terhadap lingkungan sekolah baru. Dengan demikian tujuan dari MOS dapat tercapai sehingga tercipta siswa SMANSA yang siap menghadapi tantangan belajar. Agar kelak kalian dapat membanggakan keluarga, sekolah, bangsa dan negara melalui prestasi baik akademik maupun non akademik. Tentunya kalian juga akan mampu menjaga nama baik dan almamater SMAN 1 Mataram.

Akhir kata kami mengucapakan selamat datang kepada siswa baru SMANSA. Selamat mengikuti Masa Orientasi Siswa dan berusahalah menjadi yang terbaik. Kenali dan cintai SMANSA melalui MOS (Masa Orientasi Siswa).**

2 komentar:

  1. menurut pandangan saya kegiatan MOS bagus tapi mungkin mindset kita masih terpenjara dari jaman dulu,sehingga pola pikir tentang MOS masih salah kiblat dalam arti kegiatan yang bermanfaat ada kegiatan memumpuk moralitas generasi muda supaya mendapatkan bekal dimasa depan yang jauh lebih bermoral dimasyarakat

    BalasHapus